Sabtu, 06 Februari 2016

Puri Matahari Kebakaran, Sebuah Simulasi

SEKITAR jam setengah tiga sore, hari Rabu 3 Pebruari 2016 yang lalu, alarm menjerit di Control Room. Pada display Fire Alarm Control terbaca seluruh alarm di gedung berdering, general alarm. Sebuah indikasi terjadi kobaran api. Display menunjuk lokasi kejadian di lantai 10-01.

Setelah mengetahui kejadian tersebut lewat komunikasi HT, semua karyawan ambil peran sesuai prosedur yang ditetapkan. Bagian engineering, walau pompa hidrant dalam posisi auto, ada teknisi yang langsung siaga ke ruang pompa dan tempat lain sesuai tugasnya. Sebagian lagi bergabung dengan tim scurity menuju titik terjadinya kebakaran untuk melakukan upaya pemadaman. Disusul kemudian tim House Keeping yang dengan sigap membawa tandu dan perlengkapan pendukung lainnya sebagai tim evakuasi dan PPPK, termasuk mengarahkan penghuni lantai di bawah dan lantai di atas agar tidak terlalu panik. Mengarahkan para penghuni untuk turun melalui tanga darurat dengan teratur.

Tak kalah sibuknya adalah petugas front desk yang menenangkan para tamu dan penghuni yang tampak panik di area lobby. Menunjukkan arah ke tempat aman, essembly point di area putting green yang luas di sisi barat gedung.

Tidak hanya memantau,
Bambang Sunarso, Property Manager
Puri Matahari Residence,
juga berjibaku memadamkan api
dalam sesi Fire drill.
(Foto: Nanin Indah)
Syukurlah api segera berhasil dipadamkan dan tidak sampai menjalar ke unit lain pada bangunan jangkung setinggi 32 lantai di jalan HR Muhammad itu. Syukurlah korban hanya mengalami cidera yang tak terlalu parah. Lebih bersyukur lagi, semua kejadian di atas hanyalah sebuah simulasi.

Tetapi, "Sekalipun kita berharap kejadian kebakaran tidak pernah terjadi di gedung kita," Bambang Sunarso, Property Manager Apartment Puri Matahari, menjelaskan, "kesiapan dan kesigapan kita dalam menanggulangi bahaya kebakaran harus terus diasah. Untuk itulah, kali ini untuk kesekian kalinya, kita adakan simulasi ini."

Walau simulasi kali ini tidak melibatkan Dinas PMK Surabaya sebagai instrukturnya, tetapi pihak PT Candi2000 Realtindo (pengelola Puri Matahari Residence) menggandeng PT Sanindo sebagai pemateri dalam training class sebelum acara simulasi di lapangan. PT Sanindo adalah perusahaan ternama yang bergerak di bidang pengadaan alat-alat pemadam yang berskala internasional dan sudah menjadi mitra kerja Puri Matahari sejak awal berdiri hingga sekarang. Untuk sistem lift dan tahapan-tahapan yang mesti dilakukan dalam kondisi darurat, tim engineering memang telah mengetahuinya, tetapi untuk me-refresh sekaligus meng-upgrade kecakapan, pihak management mendatangkan tim teknisi PT Mitsubishi Jaya Elevator and Escalator sebagai tim pendamping.

Seusai simulasi memang ada beberapa catatan sebagai bahan koreksi. Tetapi secara garis besar, semua berjalan sesuai rencana dan masing-masing personel telah mengerti peran dan tugas masing-masing.

"Kita akan adakan simulasi ini secara berkala," Pak Bambang kembali menegaskan, "dan berikutnya kita akan gelar dengan tanpa pemberitahuan terlebih dulu. Sehingga, kita akan menghadapi kejadian yang lebih mendekakati keadaan sebenarnya. Tetapi, sekali lagi, semoga kejadian kebakan tidak sampai menimpa gedung kita," pungkasnya. *****


Tidak ada komentar:

Posting Komentar